Jumat, 25 November 2011

Elemen fungsional (Yong Shen)

Dalam kalangan praktisi Hasta Aksara, dikenal sebuah istilah, yaitu Yong Shen atau elemen fungsional. Yaitu satu elemen sangat penting di dalam Hasta Aksara yang tidak boleh di ganggu. Bila elemen tersebut di ganggu, kehidupan akan terganggu, sebaliknya bila elemen tersebut dihidupi, maka kehidupan orang bersangkutan akan menjadi baik.

Secara pribadi saya berpendapat, keberadaan elemen fungsional atau Yong Shen dalam Hasta Aksara adalah sesuatu yang tidak perlu, dan hanya akan menambah keruwetan dunia analisis tanggal lahir tersebut. Berbagai upaya ahli Hasta Aksara telah mecetuskan berbagai teori, agar dapat dengan mudah menemukan elemen fungsional tersebut, tetapi hasilnya malah semakin membuat ruwet permasalahan, karena tidak satupun cara yang bisa dengan tepat menunjukkan keberadaan elemen fungsional tersebut, malahan masing-masing ahli memiliki pandangannya masing-masing yang bahkan saling bertolak belakang satu dengan yang lainnya.

Misalnya seorang pria, lahir pada tanggal 6 September 1957, jam 21. Hasta Aksaranya sebagai berikut :

Logam lahir pada musim gugur, elemen Logam menjadi sangat kuat. Dalam keadaan normal, orang akan menerapkan dalil : Jika diri kuat, maka harus digembos kekuatannya. Artinya, jika elemen diri Logam kuat, maka sistem akan menyukai Air dan Kayu yang bisa mengurangi kekuatannya, sebaliknya tidak menyukai elemen Tanah dan Logam itu sendiri, karena akan membuat diri bertambah kuat. Mengenai Api, tidak disukai kelompok Batang langit, sebaliknya Cabang bumi justru menyukainya. Dengan demikian, yang dimaksud elemen fungsional salah satu dari dua atau tiga elemen yang disukai itu, tegasnya adalah Kayu atau Air. Artinya kehidupannya akan bagus bila berada pada periode atau tahun yang berkaitan dengan Air dan Kayu.

Akan tetapi, kenyataannya hidupnya mengatakan lain. Pemilik tanggal lahir ini adalah Jose Socrates, Perdana Menteri Portugal yang baru saja mengumumkan mundur dari jabatannya. Jika kita gunakan kesimpulan di atas, hasilnya terbalik sama sekali. Kenyataannya, ia masuk ke politik pada tahun 1981, tahun Ayam (Ayam berelemen Logam) pada periode Api. Menjadi Perdana Menteri Portugal tahun 2004, tahun Monyet (Monyet berelemen Logam) pada periode Tanah (Naga). Kini ia telah masuk ke dalam periode hidup Kelinci Air (Kelinci berlemen Kayu), dan mundur pada tahun Kelinci pula.

Jadi kesimpulannya teori untuk menemukan elemen fungsional tersebut tidak bisa dipercaya. Kalaupun elemen fungsional itu ada, maka yang bekerja pada Hasta Aksara Jose Socrates bukan Air, juga bukan Kayu, lebih lagi bukan Api, tetapi Logam, karena momen penting yang menguntungkan dirinya selalu terjadi pada tahun Logam (Ayam dan Monyet).

1 komentar:

  1. saya kurang setuju, dengan cara analisa awalnya, yang mengatakan, dia unsur logam yang kuat, liat secara keseluruhan, dan liat inti dari logam itu,,,logam xin,,,itu logam yang indah,,,jelas butuh AIR...untuk membersihkan,,,klo secara keseluruhan, dia itu logam yang gelap, terkubur dalam tanah....

    BalasHapus