Jumat, 25 November 2011

Keseimbangan Elemen (1)

Sebuah pandangan salah dalam Hastra Aksara yang terus bertahan hingga kini adalah jumlah elemen dalam sebuah Hasta Aksara harus seimbang. Biasanya orang akan menghitung jumlah elemen sebuah Hasta Aksara, berapa jumlah Logam, Kayu, Api, Tanah dan Air ? Apakah ada yang kurang ? Jika kurang harus ditambahkan, misalnya dalam pemberian Nama. Orang yang kurang Api bisa diberi nama Surya, yang kurang Kayu dipangil Bayu, yang kurang Air dipanggil Tirta, yang kurang Tanah dipanggil Dhatu, kurang Logam dipanggil Permata dan lainnya, upaya seperti ini dari dulu sudah ada.

Dalam masyarakat statis jaman dahulu, sebuah Hasta Aksara dengan elemen yang seimbang memang sangat disukai. Tetapi itu tidak lagi sesuai untuk masyarakat dinamis sekarang ini. Sebuah tanggal lahir dengan elemen yang seimbang cendrung cinta damai dan cepat puas dengan keadaan. Biasanya tidak ada gerakan besar dilakukan dalam kehidupannya, sehingga alur turun dan naik kehidupannya tidak besar. Orang seperti itu biasanya akan bisa mendapatkan kepercayaan sang Raja, karena ia tidak akan punya nyali melakukan pemberontakan. Sebaliknya, dalam dunia yang berubah cepat seperti sekarang ini, dibutuhkan orang yang berani menentang arus untuk menciptakan keajaiban dan mengubah dunia. Sebut saja Steve Jobs, Deng Xiao Ping, Soekarno dan lainnya, mereka adalah pemilik Hasta Aksara dengan jumlah elemen yang tidak seimbang.

Ketahuilah, dunia ini bertahan dalam ketidak seimbangan, agar memperoleh keadaan harmoni, bumi dan benda langit lainnya harus terus bergerak dan berputar, kosmos-pun harus terus mengembang tanpa batas. Loncatan kilat dan petir terjadi, justru terjadi perbedaan muatan listrik dari awan hujan dengan permukaan bumi. Sebuah accu yang bagus, harus memiliki perbedaan tegangan antara ke dua kutubnya, bila suatu saat, perbedaan tegangan itu telah hilang, accu tersebut harus di isi kembali atau dibuang. Kehebatan dan daya dobrak seseorang ditunjukkan dalam bentuk perbedaan kekuatan elemen sebuah Hasta Aksara, kekuatan elemen yang seimbang biasanya akan sulit membentuk perbedaan kekuatan elemen yang menopang kemampuan seseorang. Dengan kata lain, yang penting adalah interaksi antar huruf Hasta Aksara itu bisa menciptakan perbedaan kekuatan dan hubungan 'daya kerja' yang baik, jumlah elemen yang seimbang sebuah tanggal lahir bukan hal utama yang harus dipenuhi.

Memang benar, jika anda ingin hidup sederhana di samping sanak keluarga, tanpa perlu melakukan sesuatu yang berarti di dunia, maka pemenuhan keseimbangan elemen Hasta Aksara adalah solusinya. Tetapi bagi yang ingin meninggalkan sesuatu untuk mengisi makna hidup, maka keseimbangan elemen Hasta Aksara menjadi nomor dua.

Steve Jobs lahir pada tanggal 24 Febuari 1955, pukul 06:15 waktu setempat. Hasta Aksaranya sebagai berikut :

 
.... bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar