Rabu, 20 Juli 2011

Fengshui Gedung Putih - part 1

Gedung Putih, adalah kantor pusat pemerintahan dan tempat tinggal presiden Amerika Serikat terpilih. Gedung itu jika dilihat dari atas mirip sebuah salip kecil, terdiri dari bangunan utama di tengah dan dua bangunan tambahan di kedua sayap. Jarang sekali yang mengetahui seberapa besar gedung putih yang sesungguhnya, karena sebagian besar ruangan berada di bawah tanah, bahkan terdapat dibawah tamannya yang luas. Gedung putih yang kelihatan tersusun dari 6 buah bangunan yang rata-rata luasnya mencapai 5.100 m2. Jumlah kamar seluruhnya ada 132 buah, dan 35 di antaranya kamar tidur. 412 buah pintu, 147 buah jendela, 8 buah tungku pemanas dinding, 8 buah tangga, 3 buah lift, 5 buah dapur besar. Sebuah lapangan tenis, sebuah lapangan bowling, sebuah bioskop, sebuah walking street, sebuah kolam renang dan sebuah lapangan golf kecil. Sedikitnya terdapat 5000 orang mengunjungi tempat ini.

Komplek Gedung Putih dilihat dari atas
Gedung putih duduk di Selatan dan menghadap ke Utara dengan direksi hampir persis Utara, dengan kata lain menghadap ke Utara sektor 2. Gedung ini pertama kali di bangun pada 13 Oktober 1792 di Pennsylvania Avenue, Washington DC. Proyek pembangunan ini baru selesai seluruhnya pada tanggal 1 November 1800, saat itu berada pada masa fengshui periode ke 6. Sebutan Gedung Putih baru dipakai pertama kalinya pada tahun 1811, saat itu periode fengshui 7. Pada tahun 1901, presiden Amerika saat itu, Theodore Roosevelt secara resmi memakaikan “The White House” pada kop surat resmi pemerintahan Amerika (periode 9).

Lingkungan sekitar Gedung Putih dari citra satelit
Dari citra gambar dari satelit dengan bantuan Google, dapat kita lihat dengan jelas, Gedung Putih berada pada pantai Timur sungai Rock Creek, air besar mengalir di sebelah Barat, Barat Daya dan sedikit mengenang di Selatan. Terdapat sebuah jalan sangat panjang berhadapan dengan Gedung Putih, setelah taman di sebelah Utara. Sementara itu, di sebelah Selatan sebelum tiba pada genangan air, terdapat taman sangat luas. Sisi lainnya berdiri bangunan-bangunan cukup padat dan kokoh. Perlu ditambahkan, juga sebelah Selatan, tepatnya pada titik ± 165o terdapat sebuah monument Washington berujung runcing, dengan ketinggian mencapai 169.3 meter. Karena menonjolnya monument ini, menimbulkan efek fengshui tertentu bagi Gedung Putih.

Tampak depan, sisi Utara Gedung Putih
 Dengan demikian, kita bisa mengetahui keadaan fengshui Amerika secara gamblang. Pada prinsipnya, fenghsui Amerika lemah pada periode 2 dan 8, dan sangat kuat, terutama pada sisi ekonomi jatuh pada periode 6, 7 dan juga 9. Sedangkan periode 1, 3 dan 4 adalah masa yang menguntungkan pengembangan kwalitas sumber daya manusianya.

Tampak belakang, sisi Selatan Gedung Putih

 Selama periode 5, 6 hingga 7 (1944 - 2003), kita bisa menyaksikan betapa digjayanya perkembangan ekonomi Amerika memimpin dunia. Baru beberapa tahun menjelang periode 8 (2004 - 2023), ekonomi Amerika mulai mengalami kemunduran, hingga sekarang (2011) masih dalam upayah pemulihan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar