Sabtu, 16 Juli 2011

Semakin Parah

Suatu hari, penguasa dinasti Ming (明朝 / 1368 - 1644) terakhir, kaisar Chong Zhen (崇禎 / 1628 - 1644) turun ke jalan. Ia menyamar seperti orang biasa dan mengunjungi ahli mengurai aksara. Nama aslinya Zhu You Jian (朱由檢 / 1610 - 1644), Ia ingin mengetahui nasib dinasti yang dipimpinnya. Tentu saja pengurai aksara tidak mengetahui siapa yang berada dihadapannya.

Zhu You Jian menulis sebuah huruf You (), pengurai aksara mengatakan : “Akan ada pemberontakkan !”, karena huruf yang berarti sahabat, mirip sekali dengan huruf yang berarti memberontak. Zhu You Jian tidak percaya, ia kembali mengajukan sebuah kata yang juga berbunyi You (), yang memiliki arti ‘ada’. Pengurai aksara menjawab : “Itu lebih parah, dinasti Ming () hanya tinggal separuh.” Ternyata dinasti yang dipimpin Zhu You Jian adalah dinasti Ming (明朝 / 1368 - 1644). Aksara Ming tersusun dari dua huruf (matahari) di kiri dan(bulan) di sebelah kanannya. Nah, huruf hanya ada sebuah huruf , itupun berada di bawah tekanan orang lainnya ().

Zhu You Jian tercengang, ia semakin penasaran, lalu kembali menulis sebuah aksara yang juga memiliki bunyi yang sama You, yakni huruf , salah satu dari 12 cabang bumi yang mewakili Shio ayam. Sang pengurai aksara setengah berteriak : “Yang ini lebih buruk ! Yang Mulia (kaisar) bisa turun tahta.” Ternyata aksara yang mewakili kata ‘Mulia’ atau ‘Zun’ berbentuk. Huruf adalah huruf yang kehilangan (topi) yang ada di kepala, dan turun dari (tahta) yang didudukinya. Bukankah itu cukup jelas, bahwa Yang Mulia (kaisar) akan kehilangan segalanya ?

Apa yang dikatakan sang pengurai aksara akhirnya menjadi kenyataan. Zhu You Jian adalah kaisar terakhir dinasti Ming, anak kelima dari kaisar sebelumnya Zhu Chang Luo (朱常洛 / 1582 - 1620). Setelah ayahnya mangkat, tahta diturunkan ke kakaknya bernama Zhu You Xiao (朱由校 / 1605 - 1627), namun kakaknya tidak berusia panjang, ia meninggal karena sakit dalam jabatan pada Agustus 1927. Karena tidak memiliki putra mahkota, jabatan kaisar diturunkan kepada dirinya pada tahun yang sama. Tahun berikutnya ia mengubah sebutan pencatatan tahun menjadi Chong Zhen, itulah sebabnya ia juga disebut kaisar Chong Zhen. Setelah 17 tahun menjabat, dinasti Ming runtuh oleh pemberontakan yang dipimpin Li Zi Cheng (李自成 / 1606 - 1645) pada 1644. Zhu You Jian mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di sebatang pohon taman terlarang belakang istana, pada saat istana kaisarnya hampir berhasil direbut pemberontak, saat itu usianya baru 34 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar