Kamis, 12 Januari 2012

Batang langit dan Cabang bumi

10 Batang langit telah dikembangkan di Tiongkok sejak sangat awal, menurut catatan Wu Hang Da Yi (五行大義), bantang langit ditetapkan oleh Da Nao (大撓), pejabat pada masa raja Kuning (黃帝) pada sekitar 2.679 BC.

Batang langit pada masa itu digunakan untuk mencatat jumlah, kemudian berkembang menjadi simbol pendata kasus, lalu diterapkan dalam peramalan untuk membantu memecahkan masalah. 10 Batang langit didapat dari hasil mengamati siklus pertumbuhan makluk di dunia ini, mereka terdiri dari :
甲 (Jia) adalah Kayu besar, ibarat pohon.
乙 (Yi) adalah Kayu kecil, seperti bunga dan rumput.
丙 (Bing) adalah Api besar, seperti Matahari.
丁 (Ding) adalah Api kecil, seperti Lilin atau lampu dalam ruangan.
戊 (wu) adalah Tanah besar, seperti tanah keras yang gersang.
己 (Ji) adalah Tanah kecil, seperti tanah sawah yang subur berair.
庚 (Geng) adalah Logam besar, seperti kampak dan pisau yang tajam.
辛 (Xin) adalah Logam kecil, seperti perhiasan yang indah.
壬 (Ren) adalah Air besar, seperti air laut yang bergelora.
癸 (Gui) adalah Air kecil, seperti air embun yang lembut.

Batang langit berarti tonggak penopang langit. Bijaksanawan Tiongkok kuno memiliki pengertian langit melapis di atas bumi, terdapat lima buah gunung yang berfungsi sebagai tonggak langit, dimana di Utara terdapat Gunung Heng (恒山), di Barat terdapat Gunung Hua (華山), di Tengah terdapat Song Shan (嵩山), di Timur terdapat Gunung Tai (泰山) dan terakhir di Selatan terdapat Gunung Heng (衡山). Perhatikan, laval ucapan untuk gunung di Utara dan yang di Selatan sama, yaitu Heng, tetapi bentuk karakter dan maknanya sama sekali berbeda. Heng yang di Utara berarti Bertahan dalam waktu lama atau keabadian, sedangkan Heng yang di Selatan memiliki arti keseimbangan. Jadi Gunung Heng di Utara memiliki fungsi menahan arus udara dingin dari kutub Utara, agar tidak masuk ke wilayah Tiongkok, sedangkan Gunung Heng yang ada di Selatan memiliki fungsi menjaga keseimbangan cuaca, yaitu memayungi sinar matahari yang terlalu terik pada musim panas dan meloloskan sinar matahari yang hangat pada musim dingin.

Untuk mengimbangi batang langit, maka terciptalah cabang bumi. Bedanya batang langit hanya 10, sedangkan cabang bumi ada 12, perbedaan ini terdapat di elemen tanah, pada batang langit tanah hanya dua, sedangkan di cabang bumi elemen tanah ada empat. Hal itu dipecah untuk menunjukkan perbedaan sifat tanah di wilayah Timur dan Selatan yang subur berair dan tanah di wilayah Barat dan Utara yang keras dan gersang.

12 Cabang bumi biasanya juga kita sebut sebagai 12 Shio, terdiri dari :
Macan ( / Yin) berelemen Kayu besar seperti pohon besar.
Kelinci ( / Mao) berelemen Kayu kecil seperti kembang dan ilalang.
Naga ( / Chen) berelemen Tanah besar lembab di tepi air.
Ular ( / Si) berelemen Api besar seperti matahari.
Kuda ( / Wu) berelemen Api kecil seperti bintang.
Kambing ( / Wei) berelemen Tanah kering kecil yang berpasir.
Monyet ( / Shen) berelemen Logam besar seperti senjata.
Ayam ( / You) berelemen Logam kecil seperti perhiasan indah.
Anjing ( / Xu) berelemen Tanah kering besar yang keras.
Babi ( / Hai) berelemen Air besar seperti di laut dan sungai.
Tikus ( / Zi) berelemen Air kecil seperti rintik hujan dan embun.
Kerbau ( / Chou) berelemen Tanah kecil lembab yang subur.

Karena langit dan bumi pada dasarnya menumpuk (melapis), maka batang langit dan cabang bumi juga ditumpuk menjadi satu untuk menunjukkan kesamaan dengan langit dan bumi, dimana batang langit di atas dan cabang bumi di bawah, yang besar (bersifat positf) dengan yang besar dan yang kecil (bersifat negatif) dengan yang kecil, maka dihasilakan 10 x 12 / 2, yaitu 60 pasang pilar batang dan cabang.

60 pasang pilar batang dan cabang terdiri dari 6 kelompok (a - f), yaitu :
a.      Tikus Kayu 甲子, Kerbau Kayu 乙丑, Macan Api 丙寅, Kelinci Api 丁卯, Naga Tanah 戊辰, Ular Tanah 己巳, Kuda Logam 庚午, Kambing Logam 辛未, Monyet Air 壬申, Ayam Air 癸酉, sisanya Anjing dan Babi adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
b.      Anjing Kayu 甲戌, Babi Kayu 乙亥, Bing Zi 丙子, Ding Chou 丁丑, Wuyin 戊寅, Ji Mao 己卯, Geng Chen 庚辰, Xin Si 辛巳, Ren Wu 壬午, Gui Wei 癸未, sisanya Monyet dan Ayam adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
c.       Monyet Kayu 甲申, Ayam Kayu 乙酉, Anjing Api 丙戌, Babi Api 丁亥, Tikus Tanah 戊子, Kerbau Tanah 己丑, Macan Logam 庚寅, Kelinci Logam 辛卯, Naga Air 壬辰, Ular Air癸巳, sisanya Kuda dan Kambing adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
d.      Kuda Kayu 甲午, Kambing Kayu 乙未, Monyet Api 丙申, Ayam Api 丁酉, Anjing Tanah 戊戌, Babi Tanah 己亥, Tikus Logam 庚子, Kerbau Logam 辛丑, Macan Air 壬寅, Kelinci Air 癸卯, sisanya Naga dan Ular adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
e.      Naga Kayu 甲辰, Ular Kayu 乙巳, Kuda Api 丙午, Kambing Api 丁未, Monyet Tanah 戊申, Ayam Tanah 己酉, Anjing Logam 庚戌, Babi Logam 辛亥, Tikus Air 壬子, Kerbau Air 癸丑, sisanya Macan dan Kelinci adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.
f.        Macan Kayu 甲寅, Kelinci Kayu 乙卯, Naga Api 丙辰, Ding Si 丁巳, Kuda Tanah 戊午, Kambing Tanah 己未, Monyet Logam 庚申, Ayam Logam 辛酉, Anjing Air 壬戌, Babi Air 癸亥, sisanya Tikus dan Kerbau adalah pilar kosong, karena tidak mendapatkan pasangan batang langitnya.




Jakarta, 12 Januari 2012

1 komentar:

  1. jika cabang bumi bertransformasi apakah harus ada elemen pemicu di batang langit , agar tranformasi nya berhasil??? elemen pemicu posisinya di tahun / bulan atau bida di hari / jam ???
    terima kasih
    sumarno

    BalasHapus