Jumat, 13 Januari 2012

Lima elemen

Lima elemen adalah kesimpulan yang didapatkan dari hasil mengamati bintang langit dan benda-benda yang ada disekeliling, yang dilakukan oleh para bijaksanawan Tiongkok kuno.

Pada dasarnya lima elemen adalah lima jenis energi yang bekerja di alam raya, mereka saling menghidupkan dan meniadakan, sehingga terwujud berbagai varian peristiwa di jagat raya ini.

Para bijak Tiongkok kuno menyimpulkan, Tiongkok berada di tengah-tengah, berada pada sebidang Tanah yang sangat besar, maka elemennya termasuk Tanah. Energi panas matahari datang dari arah Selatan, karena itu Selatan memiliki elemen Api. Energi dingin datang dari kutub di sebelah Utara, dingin identik dengan rasanya air, karena itu energi Air berada di Utara. Matahari selalu terbit dari Timur, daya hidup mulai tumbuh dan membawa harapan baru, sinar matahari dan sumber air berlimpah di wilayah Timur, pohon-pohon tumbuh sangat subur, itulah sebabnya energi Kayu berada di sebelah Timur. Sebelah Barat Tiongkok adalah dataran tinggi dan gurun pasir, saat matahari tengelam di ufuk Barat, suasana terasa mencekam, perasaan dingin menusuk hati, bagai berhadapan dengan senjata yang terbuat dari logam, tajam dan mengerikan, karena itu energi di wilayah Barat diibaratkan sebagai Logam.

Lima elemen saling menghidupkan, Air menghidupkan Kayu, Kayu menghidupkan Api, Api menghidupkan Tanah, Tanah menghidupkan Logam, Logam menghidupkan Air, lalu Air kembali menghidupkan Kayu dan seterusnya.

Lima elemen juga memiliki sifat saling mengendalikan, Air mengendalikan Api, Api mengendalikan Logam, Logam mengendalikan Kayu, Kayu mengendalikan Tanah dan Tanah mengendalikan Air, demikian seterusnya.

Sifat saling menghidupkan dan mengendalikan tersebut kemudian di bawah ke dalam hubungan kekerabatan dan hubungan lainnya dengan ketentuan seperti dibawah ; Misalnya Kayu bertindak sebagai elemen diri, maka :
Elemen yang menghidupkan elemen diri disebut Yin atau Zi ( 印 / ㄗ ).
Elemen yang dihidupkan elemen diri disebut Shang atau Shi ( 傷 / 食 ).
Elemen yang mengendalikan elemen diri disebut Guan atau Sha ( 官 / 殺 ).
Elemen yang dikendalikan elemen diri disebut Cai+ atau Cai- ( 財 / 才 ).
Elemen yang sama dengan elemen diri disebut Bi atau Jie ( 比 / 劫 ).
Semua hubungan itu bisa menjelaskan hubungan kekerabatan dan sosial lainnya, dan sebutan hasil hubungan seperti Yin, Bi, Jie, Shang dan lainnya disebut deity atau Bintang Pembantu.

Masing-masing elemen memiliki cirinya, misalnya kayu memiliki kemampuan tumbuh menjulang tinggi, karena itu orang yang memiliki elemen diri Kayu besar yang kuat, biasanya akan memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dan ideal seperti tanggal lahir di bawah ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar